Chat with us, powered by LiveChat

Rata-Rata Omzet Startup Meroket 457% dalam 3 Tahun

JAKARTA – Konsistensi pengawasan kualitas inovasi teknologi dan peningkatan daya saing komersial dari startup yang diinisiasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dalam tiga tahun terakhir menunjukkan capaian bisnis yang baik.

Dari 32 tenant- mature yang dilahirkan pada program perusahaan pemula berbasis teknologi (PPBT). Pada 2015 hingga 2018, tercatat nilai komersialitas bisnis yang melonjak tajam dengan rata-rata valuasi omzet startup mencapai sekitar 457% dari suntikan permodalan awal yang diberikan progam ini.

“Syukur Alhamdulillah, kombinasi penguatan aspek inovasi dan teknologi dari Kementrian dan Lembaga Inkubator yang mendampingi startup sudah mulai menunjukkan capaian yang Indonesia cita-citakan dan perlu terus ditingkatkan,” ujar Menristekdikti Mohamad Nasir di Gedung Kemristekdikti Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Dia menuturkan, pihaknya telah memberikan apresiasi atas kerja sama yang intensif oleh puluhan perguruan tinggi lembaga penelitian pembangunan daerah, reviewer praktisi dan akademisi.

“Serta elemen pengelola program inovasi di Kemristekdikti dalam empat tahun terakhir ini,” tutur dia.

Menristekdikti juga menilai konsistensi menjaga kualitas dalam penerapan hasil penerapan inovasi dan teknologi yang dilakukan menjadi kunci utama keberhasilan tersebut.

“Meskipun cukup berat diawal bagi para startup, namun persistensi mereka yang kebanyakan generasi milenial di sebelas proses sejak seleksi hingga evaluasi bisa terbentuk. Prestasi milenial ini sangat membanggakan kita semua,” kata dia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *